Bahagianya Dibilang Silent Man

At last day, we got a final exam. Dan tahu apa final exam-nya? Ngasih kesan dan pesan ke semua teman sekelas dan tutornya. Cuman itu!

No man predicted before, banyak teman-teman yang sudah belajar tadi malam. Eh ujiannya hanya diminta muterin kertas. Tulis: name/hometown/phone number/sosmed account. Lalu di bawahnya diminta nulis kesan dan pesan untuk pemilik kertas itu. Lalu puterin lagi. Begitu seterusnya sampai kertas milik sendiri kembali.

Tahu apa yang banyak teman-teman tulis tentang saya? Hoho, banyak yang bilang saya ini pendiam. Ada yang bilang saya laki-laki misterius. Ada juga yang bilang: please make a joke to us bro...I think u can! Tapi ada juga lho yang bilang: He looks a little handsome. A little Ge er juga duehhh.

Padahal selama di sana saya sengaja ndak nyukur kumis dan jenggot. Saya biarkan tumbuh liar tanpa perawatan. Ndak pernah ngaca juga. Emang ya gaes, muka nggak bisa ngebohong. Subhanallah.

Nggak sepenuhnya salah kok gaes. Di kelas memang saya banyak diamnya. Padahal tutor sudah sebisa mungkin ngebikin kelas selalu seru. Tapi tetap saja saya tidak terbawa keseruan itu.

Bukan karna saya sedang galau. Bukan juga karna saya pemalu. Tapi jujur dulu banget saya sering dibilang pendiam. Mungkin sejak SMA atau kuliah itu saya mulai belajar banyak omong. Sampai sekarang keterusan. Susah ngebalikinnya. Baru kali ini lagi banyak yang bilang saya pendiam. Walaupun akhirnya teman-teman di camp pada ketawa baca testimoni untuk saya itu.

Menjadi lebih banyak diam itu pilihan gaes. Saya pikir dengan lebih banyak diam, lebih banyak hal yang saya dengarkan. Di sini saya niat fokus belajar. Makanya sering mendapatkan 'harga diri' daripada baby powder. Hohoho sombongnya keluar kan.

Susah lho. Apalagi orang yang sehari-hari banyak bicara. Kalau tiba-tiba diminta diam pasti susahnya minta ampun. Seperti nahan tangan buat nge-garuk pas lagi sholat tiba-tiba punggung terasa ada yang gatal. Pernah kan mgerasain? Pffft.

Catatan: 
  1. harga diri: reward berupa snack, seperti: coklat top, wafer tango, chocolatos, beng-beng, dll sebagai hadiah kalau menang dalam game.
  2. Baby powder: di course who Ive joined, teman-teman bahkan tutor bebas ngasih bedak ke muka teman yang kalah atau melakukan kesalahan.
Up